Senin, 15 September 2014

Perencanaan Kegiatan Bidang Kesiswaan



A. STANDAR KOMPETENSI BIDANG KESISWAAN
1.        Standar kompetensi bidang pembinaan  kesiswaan di SMA Negeri 3 Tarakan
·       Karakteristik perkembangan peserta didik
·       Perkembangan fisik psikomotorik
·       Perkembangan sosial emosional
·       Perkembangan intelektual, bakat dan minat
·       Perkembangan kreativitas

Adanya pembinaan yang memfasilitasi perkembangan peserta didik dalam hal :
·       Tahap-tahap perkembangan peserta didik
·       Pemahaman  gejala perubahan fisik dan psikomotorik
·       Kehidupan social emosional berkelompok (peer group)
·       Prestasi akademik dan nonakademik
·       Organilitas dan fleksibelitas,pembaharuan





2.        Memahami ruang lingkup pembinaan kesiswaan :
·       Ketaqwaan kepada Tuhan YME
·       Kepribadian dan budi pekerti
·       Kepemimpinan
·       Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
·       Kualitas jasmmani dan kesehatan
·       Seni budaya
·       Pendidikan pendahuluan bela negara dan wawasan kebangsaan

a)    Lingkup pembinaan kesiswaan sebagai berikut:
·       Terdapat pelaksanaan keagamaan, adanya  toleransi kehidupan beragama, terdapat kegiatan hari besar keagamaan, adanya kegiatan seni dan budaya yang bernafaskan keagamaan
·       Terlaksananya tata tertib dan tatakrama dalam kehidupan soosial disekolah, sikap saling menghormati antar masyarakat sekolah.
·       Terlaksananya aktivitas OSIS kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
·       Terlaksananya aktivitas osis, kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
·       Adanya aktivitas Pramuka, PMR (Palang Merah Remaja), kantin sekolah, olah raga,  pelestarian alam, tata tertib UKS (Usaha  Kesehatan Sekolah)
·       Adanya berbagai aktivitas seni budaya
·       Terlaksananya upacara bendera, peringatan hari-hari besar nasional, bakti sosial, wisata alam, napak tilas, pelestarian alam, tata tertib

b)   Mampu merancang dan melaksanakan strategi pembinaan kesiswaan:
·       Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
·       Merancang kegiatan ekstra kulikuler
·       Merancang kegiatan ekstra kulikuler melalui latihan terprogram
·       Menciptakan kegiatan kompetensi
·       Terdapat rencana tertulis pelaksanaan pembinaan kesiswaan
·       Ada program kegiatan ekstrkulikuler
·       Ada program-program pelatihan dan kompetisi
·       Terdapat kegiatan kompetisi

c)    Mampu mengembangkan kegiatan pembinaan kesiswaan
·       Mengembangkan jenis-jenis kegiatan pembinaan kesiswaan
·       Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah seperti :
-     OSIS
-     MPK
-     Pramuka
-     PMR
-     Mading
-     Kesenian Tradisional
-     Olahraga
-     Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif, pelatihan dan  ekspose

d)   Mampu merancang dan mengembangkan evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
·       Memahami konsep dasar & jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
·       Mampu merancang instrumen valuasi kegiatan pembinaan kesiswaan
·       Adanya instrumen evaluasi proses  dan hasil, baik dalam bentuk tes maupun non tes

3.        Profesionalitas pribadi pembina kesiswaan
a)    Pribadi yang professional dan terintegrasi dengan menunjukan karakteristik pribadi yang:
·       Jujur
·       Tanggung jawa
·       Komitmen
·       Empati
·       Simpati
·       Humoris
·       Inovatif
·       Kreatif
·       Teladan
·       Resfek
·       Mudah bergaul
·       Disiplin
·       Mampu membuat jejaring
b)   Berpengalaman dalam bidang kesiswaan


B.       GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KEGIATAN

1.        Kegiatan Utama
a)      Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS melaksanaan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam rangka menegakan disiplin dan tata tertib sekolah.
b)      Membina dan melaksanakan koordinasi keamannan, kebersihan, ketertiban, keindahan kerindangan dan kekeluargaan (6K).
c)      Memberikan pengarahan dan pemilihan ppengurus OSIS, melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi.
d)     Menyusun program dan jadwal pembinaan peserta didik secara berkala dan insidentil.
e)      Melaksanakan pemilihan calon peserta didik teladan dan calon penerima beapeserta didik
f)       Melaksanakan pemillihan peserta didik untuk mewakili sekolah dalam kegiatan diluar sekolah.
g)      Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
h)      Mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan kelas dan pengurus OSIS
i)        Mengghadiri rapat pertanggungjawaban  pengurus OSIS lama
j)        Membuat SK pembubaran MPK lama dan pengangkatan anggota MPK baru dengan SK  Kepala Sekolah.
k)      Melaksanakan pemilihan Pengurus OSIS
2.        Kegiatan Lainnya
a)      Menentukan bidang kegiatan
b)      Mengajukan usulan Pembina OSIS dan Pembina ekstrakulikuler
c)      Memberikkan SK Kepala Sekolah untuk Pembina OSIS, Pembina EkSKul, Koordinator dan Pelatih
d)     Menghadiri rapat-rapat pengurus OSIS, memberikan SK Kepala Sekolah dalam pembentukan dan pembubaran kepanitiaan kegiatan.
e)      Menghadiri peserta didik diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan.
f)       Penataan lingkungan melalui 5K
g)      Evaluasi seluruh kegiatan

C.      PENDISTRIBUSIAN RINCIAN KEGIATAN

1.        Kegiatan Awal Tahun
a)      Menyusun program kerja,OSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
b)      Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
c)      Bersama wakil kepala  bidang kurikulum menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembiina upacara.
d)     Mendata jadwal petugas piket OSIS
e)      Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Peserta didik) sesuai juklak dan juknis.
f)       Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala,  pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib peserta didik.
g)      Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindnga dan kekeluargaan.
h)      Mengarahkan peserta didik untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti sesuai minat dan bakat.
i)        Mempublikasikan para pembina, pelatih dan koordinator kesiswaan.
j)        Registrasi dan pencatatan anggota masing-masing eskul.
k)      Melaksanakan uji  kkelayakan pengurus OSIS dan MPK
l)        Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi peserta didik baru dan pengurus OSIS
m)    Mempublikasian 5K ke pengurus OSIS dan MPK
n)      Mempublikasikan jadwal kegiatan mencakup: syarat calon penerima beasiswa dan jenis beasiswa, calon peserta didik teladan serta karyawisata dan yang lainnya.
o)      Pendataan biodata peserta didik  diklasifikasikan  sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.

2.        Kegiatan Harian
a)      Membina peserta didik untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada disekolah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.
b)      Mengamatti dan mendata serta menggali informasi calon peserta didik berprestasi di SMA Negeri 3 Tarakan.
c)      Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi peserta didik yang melangggar peraturan
d)     Mengontrol pelaksanaan 5K dilingkungban sekolah
e)      Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
f)       Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran  sekolah atas persetujuan pimpinan.
g)      Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
h)      Melaksanakan piket pimpinan mengirimkan peserta didik unntuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala sekolah
i)        Mengirimkan Pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan

3.        Kegiatan Mingguan
a)      Mengawasi,mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ektra kurikiler
b)      Melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera tiap dua minggu sekali
c)      Pembinaan tentang perlunya peserta didik disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah dan melaksanakan 5K.

4.        Kegiatan Bulanan
a)      Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar agama atau nasional
b)      Menyiapkan, menyusun dan member 5K kegiatan pada panitia yang sudah disetujui dan ditandatangani kepala sekolah
c)      Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan MPK  dan para Pembina OSIS atau dengan para Pembina lainnya
d)     Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia.
e)      Melaksanakan rapat koordinasi dengan para pembina.

5.        Kegiatan Semester I
a)      MOS
b)      Upacara Bendera
c)      Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib :
·       Pidato bahasa inggris, dan bahasa Indonesia.
·       Lomba Cerdas Cerdas
·       Dakwah
·       Lomba Baca Puisi
·       Bola voli
d)     Pengumuman berbagai hasil penilaian kreativitas peserta didik menyangkut 5K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
e)      Madding
f)       Pemilihan MPK
g)      Pemilihan OSIS
h)      Pesantren kilat
i)        Diklat ekstrakulikuler
j)        Latihan dasar kepemimpinan peserta didik (LDKS).

6.        Kegiatan Semester II
a)      Karyawisata
b)      Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
c)      Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
d)     Mengadakan razia
e)      Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib.
f)       Bola voli,sepak bola, khotbah, MTQ, kaligrafi
g)      Upacara pengibaran bendera
h)      Peringatan Isra Miraj
i)        Peringatan maulid nabi Muhammad saw
j)        Mengadakan Pekan Kreatifitas peserta didik-siswi setingkat SD/MI

7.        Kegiatan Akhir Tahun
a)      Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia peserta didik baru
b)      Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaan peserta didik baru
c)      Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia mos
d)     Memberikan SK Kepala Sekolah pada panitia MOS
e)      Melaksanakan PSB dan MOS
f)       Laporan evaluasi program







D.        RINCIAN RENCANA KERJA BIDANG KESISWAAN
NO
BIDANG STUDI DAN STRATEGI KEGIATAN
INDIKATOR KEBERHASILAN
LANGKAH UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN
PENANGGUNG JAWAB
WAKTU PELAKSANAAN
SUMBER DANA
KET
1
Menerima peserta didik baru tahun ajaran 2013/2014 agar terisi peserta didik kelas 1
Diterima peserta didik baru kelas 8 sebanyak 256peserta didik
1.    Mempelajari juknis psb
2.    Membentuk panitia psb
3.    Menerima pendaftaran peserta didik baru
4.    Merangking pendata sesuai pilihan
5.    Daftar ulang bagi peserta didik yang diterima
Kepala Sekolah
Juli 2014
BOS dan BOP
Perpeserta didik
2
Merencanakan pelaksanaan MOS agar peserta didik mempunyai kesan yang baik terhadap sekolah
Terlaksananya MOS bagi peserta didik kelas X
1.    Mempelajari petunjuk pelaksanaan MOS
2.    Menyusun panitia, serta program kegiatan MOS
3.    Melaksanaan MOS
Bidang Kesiswaan
Juli 2014
BOS dan BOP
-
3
Merencanakan formasi kelas agar distribuusi peserta didik merata
Tersusunnya formasi kelas untuk tiap angkatan
1.    Menghitung jumlah peserta didik laki-laki/perempuan
2.    Menentukan jumlah rombongan tiap angkatan
3.    Menentukan kriteria penyebaran peserta didik
4.    Di kelas
5.    Membuata daftar nama peserta didik di kelas
BK dan Kesiswaan
Juli 2014
BOS dan BOP
-
4
Mengisi buku induk peserta didik dan buku klaper agar semua peserta didik tercantum pada buku induk
Telah masuknya peserta didik kedalam buku induk
1.    Memberi nomer induk pada setiap peserta didik
2.    Memasukan data-data peserta didik kedalam buku induk atau buku klaper
3.    Memasukan setiap nilai raport peserta didik kedalam buku induk
Petugas buku induk
Setiap saat

BOS dan BOP
-
NO
BIDANG STUDI DAN STRATEGI KEGIATAN
INDIKATOR KEBERHASILAN
LANGKAH UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN
PENANGGUNG JAWAB
WAKTU PELAKSANAAN
SUMBER DANA
KET
5
Mencatat mutasi siwa agar dapat diketahui keluar masuknya peserta didik
Tertibnya buku mutasi peserta didik baik peserta didik yang masuk maupun yang keluar
1.    Mencatat jumlah peserta didik yang ada pada buku mutasi
2.    Menambah jumlah peserta didik jika ada mutasi masuk
3.    Mengurangi jumlah peserta didik jika ada peserta didik yang keluar
TU
Waktu ada mutasi/ setiap bulan
BOS dan BOP
-
6
Memantapkan wawasan wiyata mandala agar warga sekolah fungsi sekolah sebagai pusat pendidikan
Seluruh warga mengerti bahwa seluruh warga sebagi pusat pendidikan bukan untuk kegiatan yang lain
1.    Melalui MOS diberikan wawasan wiyata mandala
2.    Melalui upacara bendera
Kepala Sekolah
MOS -Upacara
BOS dan BOP
-
7
Mengembangkan UKS agar warga sekolah selalu dalam keadaan sehat
Berfungsinya UKS untuk melayani peserta didik atau warga sekolah
1.    Menyediakan tempat untuk menampung
2.    Peserta didik yang sakit
3.    Menyediakan obat-obatan ringan
4.    Mencatat semua kejadian yang berhubungan dengan kesehatan peserta didik
Pembina OSIS
Setiap hari
BOS dan BOP
Untuk sementara UKS masih digabung dengan PMR
8
Mengelola OSIS agar peserta didik berlatih berorganisasi disekolah
Terbentuknya penguruus OSIS disekolah
1.    Memilih calon pengurus OSIS
2.    Menetapkan dengan SK kepengurusan OSIS untuk periode 1 tahun
3.    Mengadakan pembinaan untuk pengurus OSIS
Pembina OSIS

BOS dan BOP
-
9
Mengelola daftar hadir peserta didik agar tertib dan disiplin hadir disekolah
Peserta didik hadir disekolah tepat waktu
1.    Menyiapkan blanko daftar hadir peserta didik
2.    Mengisi daftar hadir peserta didik setiap hari
3.    Membuat rekap peserta didik yang absen
Wakasek
Setiap hari
BOS dan BOP
-
NO
BIDANG STUDI DAN STRATEGI KEGIATAN
INDIKATOR KEBERHASILAN
LANGKAH UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN
PENANGGUNG JAWAB
WAKTU PELAKSANAAN
SUMBER DANA
KET
10
Merencanakan upacara bendera disekolah
Terselenggaranya upacara setiap hari senin dan sabtu dan hari-hari besar nasional
1.    Menyiapkan kelengkapan alat upacara
2.    Melatih petugas upacara secara bergiliran tiap-tiap kelas
3.    Menyiapkan jadwal upacara beserta petugas dan pembina
4.    Melaksanakan upacara rutin maupun upacara nasional sesuai jadwal
Pembina OSIS
Hari senin & hari besar Nasional
BOS dan BOP
-
11
Membentuk koprasi peserta didik agar peserta didik berlatih berkoprasi disekolah
Berdirinya koperasi peserta didik di sekolah
1.    Menyiapkan tempat untuk koperasi sekolah
2.    Memilih pengurus koperasi dari peserta didik
3.    Membina pengurus koperasi
Pembina OSIS
-
BOS dan BOP

12
Mengembangkan kreatifitas agar peserta didik berkembang sesuai dengan minat dan bakat
Telah berjalannya 4 macam kegiatan ekstrakulikuler
1.    Sekolah menyediakan kegiatan eskul yang sesuai dengan minat peserta didik
2.    Membuat presensi dan mendata peserta didik untuk setiap kegiatan
3.    Melaksanakan kegiatan sesuai dengan pilihan peserta didik
Kesiswaan
Juli 2014
BOS dan BOP
Rincian biaya ada pada RAPB kesiswaan
13
Meningkatkan efektivitas komunikasi antara pembinaan dan peserta ekstrakulikuler melalui internet untuk menyampaikan program-programnya
Telah dibuat situs kesiswaan di internet, Pembina dan peserta mampu komunikasi lewat internet
·       Membuat situs kesiswaan diinternet, serta fasilitas, mailing list dan data update
Kesiswaan

BOS
·  Biaya kursus & pembuatan situs dibebankan pada RAPBS




E.       STRATEGI PELAKSANAAN
Strategi yang digunakan sesuai dengan tujuan dan karakteristik materi program pembinaan kesiswaan SMA Negeri 3 Tarakan, meliputi pelatihan (terintegrasi dan distrik), lokakarya, kunjungan sekolah (school visit), dan perlombaan/pertandingan (bersifat kompetisi). Penggunaan jenis strategi untuk program tertentu atau beberapa strategi  dikombinnasikan dalam dalam pelaksanaan satu atau beberapa program yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pelaksanaan.Disamping itu, dasar pertimbangan penggunaan suatu strategi mencakup aspek-aspek sebagai berikut :
1.        Keluasan materi dan sarana program kegiatan peserta didik;
2.        Waktu dan tempat penyelenggaraan;
3.        Tenaga pelaksana, dan
4.        Dana yang tersedia.
Strategi pelatihan terintegrasi berbasis kompetesi digunakan dalam program pembinaaan kesiswaan yang melibatkan sarana guru atau tenaga pendidikan,dan pelaksanaan pelatihan itu merupakan bagian dari program pelatihan lainnya (program Induk) yang serumpun. Dalam hal ini, baik biaya, tenaga pelatihan, maupun bahan atau materi pelatihan program pembinaan kesiswaan merupakan bagian dari program induk.
Strategi pelatihan (districk training) merupakan bentuk pengembangan kapasitas aparat pendidikan tingkat provinsi,kabupaten-kota, dan atau sekolah yangdiselenggarakan ditingkat provinsi tentang program pembinaan kesiswaan tertentu atau program yang serumpun.Tentu saja biaya, tenaga pelatihan, dan bahan atau materi pelatihan berasal dari pusat,sedangkan tempat/lokasi pelatihan dikoordinasikan dengan pihak provinsi.
Strategi lokakarya (workshop) digunakan dalam rangka menghasilkan sesuatu, baik berupa rumusan acuan, rencana kegiatan,pengembangan tekhnik satu instrument, maupun kesamaan persepsi,wawasan, dan komitmen untuk kepentingan pelaksanaan program yang terlingkup dalam bidang pembinaan kesiswaan. Lokakarya dapat diselenggarakan  secara nasional atau ditingkat pusat;dan dapat pula dibagi menjadi bebrapa region penyelenggaraan.
Kunjungan sekolah    (school visit) merupakan strategi yang digunakan dalam bentuk kegiatan pemantauan (monitoring), penilain (evaluasi), pengamatan (observasi),studi kasus, dan atau konsultasi klinis-pengembangan, baik tentangg persiapan, pelaksanaan, maupun hasil suatu program pembinaan kesiswaan. Strategi kunjungan sekolah dilaksanakan terutama untuk mempersempit kesenjangan antara kebijakan yang dihasilkan ditingkat pusat dengan pelaksanaan suatu program  pembinaankesiswaan ditingkat sekolah.
Perlombaan merupakan strategi pelaksanaan program pembinaan kesiswaan yang bersifat kompetitif, melibatkan peserta didik atau sekolah peserta secara langsung dalam suatu event atau kegiatan, baik yang bersifat internasional maupun nasional. Strategi perlombaan dapat  dilaksanakan sebagai kegiatan tunggal (bukan kegiatan yang dilksanakn secara bertahap dari tingkat bawah); dapat pula (lazimnya) dilakukan secara bertahap dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, Hingga tingkat nasional ataupun internasional.


1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
    Find 대구광역 출장마사지 the best value on 김천 출장마사지 Borgata Hotel Casino & Spa in Atlantic 계룡 출장샵 City and superb hotel 남원 출장샵 deals from Mapyro of Atlantic City. Book 진주 출장안마 today!

    BalasHapus