A. STANDAR KOMPETENSI BIDANG KESISWAAN
1.
Standar kompetensi bidang
pembinaan kesiswaan di SMA Negeri 3 Tarakan
·
Karakteristik perkembangan
peserta didik
·
Perkembangan fisik
psikomotorik
·
Perkembangan sosial emosional
·
Perkembangan intelektual,
bakat dan minat
·
Perkembangan kreativitas
Adanya pembinaan yang memfasilitasi perkembangan
peserta didik dalam hal :
·
Tahap-tahap perkembangan
peserta didik
·
Pemahaman gejala
perubahan fisik dan psikomotorik
·
Kehidupan social emosional
berkelompok (peer group)
·
Prestasi akademik dan
nonakademik
·
Organilitas dan
fleksibelitas,pembaharuan
2. Memahami
ruang lingkup pembinaan kesiswaan :
·
Ketaqwaan kepada Tuhan YME
·
Kepribadian dan budi pekerti
·
Kepemimpinan
·
Kreativitas,ktrampilan dan
kewirausahaan
·
Kualitas jasmmani dan
kesehatan
·
Seni budaya
·
Pendidikan pendahuluan bela
negara dan wawasan kebangsaan
a)
Lingkup pembinaan kesiswaan sebagai berikut:
·
Terdapat pelaksanaan
keagamaan, adanya toleransi kehidupan beragama, terdapat kegiatan hari
besar keagamaan, adanya kegiatan seni dan budaya yang bernafaskan keagamaan
·
Terlaksananya tata tertib dan
tatakrama dalam kehidupan soosial disekolah, sikap saling menghormati antar
masyarakat sekolah.
·
Terlaksananya aktivitas OSIS
kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
·
Terlaksananya aktivitas osis,
kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
·
Adanya aktivitas Pramuka, PMR
(Palang Merah Remaja), kantin sekolah, olah raga, pelestarian alam, tata
tertib UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)
·
Adanya berbagai aktivitas seni
budaya
·
Terlaksananya upacara bendera,
peringatan hari-hari besar nasional, bakti sosial, wisata alam, napak tilas,
pelestarian alam, tata tertib
b) Mampu merancang dan melaksanakan strategi
pembinaan kesiswaan:
·
Merancang strategi pelaksanaan
pembinaan kesiswaan
·
Merancang kegiatan ekstra
kulikuler
·
Merancang kegiatan ekstra
kulikuler melalui latihan terprogram
·
Menciptakan kegiatan
kompetensi
·
Terdapat rencana tertulis
pelaksanaan pembinaan kesiswaan
·
Ada program kegiatan
ekstrkulikuler
·
Ada program-program pelatihan
dan kompetisi
·
Terdapat kegiatan kompetisi
c) Mampu mengembangkan kegiatan
pembinaan kesiswaan
·
Mengembangkan jenis-jenis
kegiatan pembinaan kesiswaan
·
Terdapat berbagai jenis
kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah
seperti :
- OSIS
- MPK
- Pramuka
- PMR
- Mading
- Kesenian Tradisional
- Olahraga
- Terdapat berbagai kegiatan
pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama,
kompetitif, pelatihan dan ekspose
d) Mampu merancang dan mengembangkan evaluasi
kegiatan pembinaan kesiswaan
·
Memahami konsep dasar &
jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
·
Mampu merancang instrumen
valuasi kegiatan pembinaan kesiswaan
·
Adanya instrumen evaluasi
proses dan hasil, baik dalam bentuk tes maupun non tes
3. Profesionalitas
pribadi pembina kesiswaan
a) Pribadi yang professional dan
terintegrasi dengan menunjukan karakteristik pribadi yang:
·
Jujur
·
Tanggung jawa
·
Komitmen
·
Empati
·
Simpati
·
Humoris
·
Inovatif
·
Kreatif
·
Teladan
·
Resfek
·
Mudah bergaul
·
Disiplin
·
Mampu membuat jejaring
b) Berpengalaman dalam bidang kesiswaan
B.
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KEGIATAN
1.
Kegiatan Utama
a)
Menyusun program pembinaan
kesiswaan/OSIS melaksanaan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan
kesiswaan/OSIS dalam rangka menegakan disiplin dan tata tertib sekolah.
b)
Membina dan melaksanakan
koordinasi keamannan, kebersihan, ketertiban, keindahan kerindangan dan
kekeluargaan (6K).
c)
Memberikan pengarahan dan
pemilihan ppengurus OSIS, melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam
berorganisasi.
d) Menyusun program dan jadwal pembinaan peserta
didik secara berkala dan insidentil.
e)
Melaksanakan pemilihan calon
peserta didik teladan dan calon penerima beapeserta didik
f)
Melaksanakan pemillihan
peserta didik untuk mewakili sekolah dalam kegiatan diluar sekolah.
g)
Menyusun laporan pelaksanaan
kegiatan kesiswaan secara berkala
h)
Mengadakan rapat koordinasi
dengan perwakilan kelas dan pengurus OSIS
i)
Mengghadiri rapat
pertanggungjawaban pengurus OSIS lama
j)
Membuat SK pembubaran MPK lama
dan pengangkatan anggota MPK baru dengan SK Kepala Sekolah.
k)
Melaksanakan pemilihan
Pengurus OSIS
2.
Kegiatan
Lainnya
a)
Menentukan bidang kegiatan
b)
Mengajukan usulan Pembina OSIS
dan Pembina ekstrakulikuler
c)
Memberikkan SK Kepala Sekolah
untuk Pembina OSIS, Pembina EkSKul, Koordinator dan Pelatih
d) Menghadiri rapat-rapat pengurus OSIS, memberikan
SK Kepala Sekolah dalam pembentukan dan pembubaran kepanitiaan kegiatan.
e)
Menghadiri peserta didik
diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan.
f)
Penataan lingkungan melalui 5K
g)
Evaluasi seluruh kegiatan
C.
PENDISTRIBUSIAN RINCIAN KEGIATAN
1. Kegiatan
Awal Tahun
a)
Menyusun program kerja,OSIS,
Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
b)
Melaksanakan rapat koordinasi
kesiswaan
c)
Bersama wakil kepala
bidang kurikulum menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta
pembiina upacara.
d) Mendata jadwal petugas piket OSIS
e)
Rapat koordinasi, pembentukan
panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Peserta didik) sesuai juklak dan
juknis.
f)
Pengenalan dan pembinaan
wawasan wiyata mandala, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan /
OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib peserta
didik.
g)
Membina dan melaksanakan
koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindnga dan
kekeluargaan.
h)
Mengarahkan peserta didik
untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti sesuai
minat dan bakat.
i)
Mempublikasikan para pembina,
pelatih dan koordinator kesiswaan.
j)
Registrasi dan pencatatan
anggota masing-masing eskul.
k)
Melaksanakan uji
kkelayakan pengurus OSIS dan MPK
l)
Mengadakan latihan dasar
kepemimpinan bagi peserta didik baru dan pengurus OSIS
m) Mempublikasian 5K ke pengurus OSIS dan MPK
n)
Mempublikasikan jadwal
kegiatan mencakup: syarat calon penerima beasiswa dan jenis beasiswa, calon
peserta didik teladan serta karyawisata dan yang lainnya.
o)
Pendataan biodata peserta
didik diklasifikasikan sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.
2. Kegiatan
Harian
a)
Membina peserta didik untuk
tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada disekolah baik yang tertulis
maupun yang tak tertulis.
b)
Mengamatti dan mendata serta
menggali informasi calon peserta didik berprestasi di SMA Negeri 3 Tarakan.
c)
Mendata dan memberikan point
nilai pelanggaran bagi peserta didik yang melangggar peraturan
d) Mengontrol pelaksanaan 5K dilingkungban sekolah
e)
Melaksanakan tugas-tugas
pendelegasian dari kepala sekolah
f)
Menandatangani penggunaan
anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran
sekolah atas persetujuan pimpinan.
g)
Mewakili guru piket jika yang
bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
h)
Melaksanakan piket pimpinan
mengirimkan peserta didik unntuk mengikuti undangan dan penataran atas
persetujuan kepala sekolah
i)
Mengirimkan Pembina atau
pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan
3. Kegiatan
Mingguan
a)
Mengawasi,mengontrol dan
mengabsen pelaksanaan kegiatan ektra kurikiler
b)
Melaksanakan pengibaran dan
penurunan bendera tiap dua minggu sekali
c)
Pembinaan tentang perlunya
peserta didik disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah dan
melaksanakan 5K.
4. Kegiatan
Bulanan
a)
Membimbing pengurus OSIS untuk
melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar
agama atau nasional
b)
Menyiapkan, menyusun dan
member 5K kegiatan pada panitia yang sudah disetujui dan ditandatangani kepala
sekolah
c)
Melaksanakan koordinasi dengan
pengurus OSIS dan MPK dan para Pembina OSIS atau dengan para Pembina
lainnya
d) Bersama para Pembina dan petugas piket
mengadakan razia.
e)
Melaksanakan rapat koordinasi
dengan para pembina.
5. Kegiatan
Semester I
a)
MOS
b)
Upacara Bendera
c)
Mengadakan clasmeeting dengan
mata lomba wajib :
·
Pidato bahasa inggris, dan
bahasa Indonesia.
·
Lomba Cerdas Cerdas
·
Dakwah
·
Lomba Baca Puisi
·
Bola voli
d) Pengumuman berbagai hasil penilaian kreativitas
peserta didik menyangkut 5K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
e)
Madding
f)
Pemilihan MPK
g)
Pemilihan OSIS
h)
Pesantren kilat
i)
Diklat ekstrakulikuler
j)
Latihan dasar kepemimpinan
peserta didik (LDKS).
6.
Kegiatan Semester II
a)
Karyawisata
b)
Menyiapkan dan melaksanakan
perpisahan kelas IX
c)
Mengadakan rapat koordinasi
dengan pengurus OSIS dan para Pembina
d) Mengadakan razia
e)
Mengadakan clasmeeting dengan
mata lomba wajib.
f)
Bola voli,sepak bola, khotbah,
MTQ, kaligrafi
g)
Upacara pengibaran bendera
h)
Peringatan Isra Miraj
i)
Peringatan maulid nabi
Muhammad saw
j)
Mengadakan Pekan Kreatifitas
peserta didik-siswi setingkat SD/MI
7.
Kegiatan Akhir Tahun
a)
Menyiapkan dan menyusun kelompok
kerja panitia peserta didik baru
b)
Memberikan SK kepala Sekolah
pada panitia penerimaan peserta didik baru
c)
Menyiapkan dan menyusun
kelompok kerja panitia mos
d) Memberikan SK Kepala Sekolah pada panitia MOS
e)
Melaksanakan PSB dan MOS
f)
Laporan evaluasi program
D.
RINCIAN RENCANA KERJA BIDANG KESISWAAN
NO
|
BIDANG STUDI DAN STRATEGI KEGIATAN
|
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
LANGKAH UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
SUMBER DANA
|
KET
|
1
|
Menerima
peserta didik baru tahun ajaran 2013/2014 agar terisi peserta didik kelas 1
|
Diterima
peserta didik baru kelas 8 sebanyak 256peserta didik
|
1. Mempelajari juknis psb
2. Membentuk panitia psb
3. Menerima pendaftaran peserta didik baru
4. Merangking pendata sesuai pilihan
5. Daftar ulang bagi peserta didik yang diterima
|
Kepala
Sekolah
|
Juli 2014
|
BOS dan
BOP
|
Perpeserta
didik
|
2
|
Merencanakan
pelaksanaan MOS agar peserta didik mempunyai kesan yang baik terhadap sekolah
|
Terlaksananya
MOS bagi peserta didik kelas X
|
1. Mempelajari petunjuk pelaksanaan MOS
2. Menyusun panitia, serta program kegiatan MOS
3. Melaksanaan MOS
|
Bidang
Kesiswaan
|
Juli 2014
|
BOS dan
BOP
|
-
|
3
|
Merencanakan
formasi kelas agar distribuusi peserta didik merata
|
Tersusunnya
formasi kelas untuk tiap angkatan
|
1. Menghitung jumlah peserta didik
laki-laki/perempuan
2. Menentukan jumlah rombongan tiap angkatan
3. Menentukan kriteria penyebaran peserta didik
4. Di kelas
5. Membuata daftar nama peserta didik di kelas
|
BK dan
Kesiswaan
|
Juli 2014
|
BOS dan
BOP
|
-
|
4
|
Mengisi
buku induk peserta didik dan buku klaper agar semua peserta didik tercantum
pada buku induk
|
Telah
masuknya peserta didik kedalam buku induk
|
1. Memberi nomer induk pada setiap peserta didik
2. Memasukan data-data peserta didik kedalam buku
induk atau buku klaper
3. Memasukan setiap nilai raport peserta didik
kedalam buku induk
|
Petugas
buku induk
|
Setiap
saat
|
BOS dan
BOP
|
-
|
NO
|
BIDANG STUDI DAN STRATEGI KEGIATAN
|
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
LANGKAH UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
SUMBER DANA
|
KET
|
5
|
Mencatat
mutasi siwa agar dapat diketahui keluar masuknya peserta didik
|
Tertibnya
buku mutasi peserta didik baik peserta didik yang masuk maupun yang keluar
|
1. Mencatat jumlah peserta didik yang ada pada
buku mutasi
2. Menambah jumlah peserta didik jika ada mutasi
masuk
3. Mengurangi jumlah peserta didik jika ada
peserta didik yang keluar
|
TU
|
Waktu ada
mutasi/ setiap bulan
|
BOS dan
BOP
|
-
|
6
|
Memantapkan
wawasan wiyata mandala agar warga sekolah fungsi sekolah sebagai pusat
pendidikan
|
Seluruh
warga mengerti bahwa seluruh warga sebagi pusat pendidikan bukan untuk
kegiatan yang lain
|
1. Melalui MOS diberikan wawasan wiyata mandala
2. Melalui upacara bendera
|
Kepala
Sekolah
|
MOS
-Upacara
|
BOS dan
BOP
|
-
|
7
|
Mengembangkan
UKS agar warga sekolah selalu dalam keadaan sehat
|
Berfungsinya
UKS untuk melayani peserta didik atau warga sekolah
|
1. Menyediakan tempat untuk menampung
2. Peserta didik yang sakit
3. Menyediakan obat-obatan ringan
4. Mencatat semua kejadian yang berhubungan
dengan kesehatan peserta didik
|
Pembina
OSIS
|
Setiap
hari
|
BOS dan
BOP
|
Untuk
sementara UKS masih digabung dengan PMR
|
8
|
Mengelola
OSIS agar peserta didik berlatih berorganisasi disekolah
|
Terbentuknya
penguruus OSIS disekolah
|
1. Memilih calon pengurus OSIS
2. Menetapkan dengan SK kepengurusan OSIS untuk
periode 1 tahun
3. Mengadakan pembinaan untuk pengurus OSIS
|
Pembina
OSIS
|
BOS dan
BOP
|
-
|
|
9
|
Mengelola
daftar hadir peserta didik agar tertib dan disiplin hadir disekolah
|
Peserta
didik hadir disekolah tepat waktu
|
1. Menyiapkan blanko daftar hadir peserta didik
2. Mengisi daftar hadir peserta didik setiap hari
3. Membuat rekap peserta didik yang absen
|
Wakasek
|
Setiap
hari
|
BOS dan
BOP
|
-
|
NO
|
BIDANG STUDI DAN STRATEGI KEGIATAN
|
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
LANGKAH UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
SUMBER DANA
|
KET
|
10
|
Merencanakan
upacara bendera disekolah
|
Terselenggaranya
upacara setiap hari senin dan sabtu dan hari-hari besar nasional
|
1. Menyiapkan kelengkapan alat upacara
2. Melatih petugas upacara secara bergiliran
tiap-tiap kelas
3. Menyiapkan jadwal upacara beserta petugas dan
pembina
4. Melaksanakan upacara rutin maupun upacara
nasional sesuai jadwal
|
Pembina
OSIS
|
Hari senin
& hari besar Nasional
|
BOS dan
BOP
|
-
|
11
|
Membentuk
koprasi peserta didik agar peserta didik berlatih berkoprasi disekolah
|
Berdirinya
koperasi peserta didik di sekolah
|
1. Menyiapkan tempat untuk koperasi sekolah
2. Memilih pengurus koperasi dari peserta didik
3. Membina pengurus koperasi
|
Pembina
OSIS
|
-
|
BOS dan
BOP
|
|
12
|
Mengembangkan
kreatifitas agar peserta didik berkembang sesuai dengan minat dan bakat
|
Telah
berjalannya 4 macam kegiatan ekstrakulikuler
|
1. Sekolah menyediakan kegiatan eskul yang sesuai
dengan minat peserta didik
2. Membuat presensi dan mendata peserta didik
untuk setiap kegiatan
3. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan pilihan
peserta didik
|
Kesiswaan
|
Juli 2014
|
BOS dan
BOP
|
Rincian
biaya ada pada RAPB kesiswaan
|
13
|
Meningkatkan
efektivitas komunikasi antara pembinaan dan peserta ekstrakulikuler melalui
internet untuk menyampaikan program-programnya
|
Telah
dibuat situs kesiswaan di internet, Pembina dan peserta mampu komunikasi
lewat internet
|
·
Membuat situs kesiswaan
diinternet, serta fasilitas, mailing list dan data update
|
Kesiswaan
|
BOS
|
· Biaya kursus & pembuatan situs dibebankan
pada RAPBS
|
E.
STRATEGI PELAKSANAAN
Strategi yang digunakan sesuai dengan tujuan dan
karakteristik materi program pembinaan kesiswaan SMA Negeri 3 Tarakan, meliputi
pelatihan (terintegrasi dan distrik), lokakarya, kunjungan sekolah (school
visit), dan perlombaan/pertandingan (bersifat kompetisi). Penggunaan jenis
strategi untuk program tertentu atau beberapa strategi dikombinnasikan
dalam dalam pelaksanaan satu atau beberapa program yang disesuaikan dengan
kondisi dan kebutuhan pelaksanaan.Disamping itu, dasar pertimbangan penggunaan
suatu strategi mencakup aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Keluasan materi dan sarana
program kegiatan peserta didik;
2.
Waktu dan tempat
penyelenggaraan;
3.
Tenaga pelaksana, dan
4.
Dana yang tersedia.
Strategi pelatihan terintegrasi berbasis
kompetesi digunakan dalam program pembinaaan kesiswaan yang melibatkan sarana
guru atau tenaga pendidikan,dan pelaksanaan pelatihan itu merupakan bagian dari
program pelatihan lainnya (program Induk) yang serumpun. Dalam hal ini, baik
biaya, tenaga pelatihan, maupun bahan atau materi pelatihan program pembinaan
kesiswaan merupakan bagian dari program induk.
Strategi pelatihan (districk training) merupakan bentuk pengembangan
kapasitas aparat pendidikan tingkat provinsi,kabupaten-kota, dan atau sekolah
yangdiselenggarakan ditingkat provinsi tentang program pembinaan kesiswaan
tertentu atau program yang serumpun.Tentu saja biaya, tenaga pelatihan, dan
bahan atau materi pelatihan berasal dari pusat,sedangkan tempat/lokasi
pelatihan dikoordinasikan dengan pihak provinsi.
Strategi lokakarya (workshop) digunakan dalam
rangka menghasilkan sesuatu, baik berupa rumusan acuan, rencana
kegiatan,pengembangan tekhnik satu instrument, maupun kesamaan
persepsi,wawasan, dan komitmen untuk kepentingan pelaksanaan program yang
terlingkup dalam bidang pembinaan kesiswaan. Lokakarya dapat
diselenggarakan secara nasional atau ditingkat pusat;dan dapat pula
dibagi menjadi bebrapa region penyelenggaraan.
Kunjungan sekolah (school
visit) merupakan strategi yang digunakan dalam bentuk kegiatan pemantauan
(monitoring), penilain (evaluasi), pengamatan (observasi),studi kasus, dan atau
konsultasi klinis-pengembangan, baik tentangg persiapan, pelaksanaan, maupun
hasil suatu program pembinaan kesiswaan. Strategi kunjungan sekolah
dilaksanakan terutama untuk mempersempit kesenjangan antara kebijakan yang
dihasilkan ditingkat pusat dengan pelaksanaan suatu program
pembinaankesiswaan ditingkat sekolah.
Perlombaan merupakan strategi pelaksanaan
program pembinaan kesiswaan yang bersifat kompetitif, melibatkan peserta didik
atau sekolah peserta secara langsung dalam suatu event atau kegiatan, baik yang
bersifat internasional maupun nasional. Strategi perlombaan dapat
dilaksanakan sebagai kegiatan tunggal (bukan kegiatan yang dilksanakn secara
bertahap dari tingkat bawah); dapat pula (lazimnya) dilakukan secara bertahap
dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, Hingga tingkat
nasional ataupun internasional.
Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
BalasHapusFind 대구광역 출장마사지 the best value on 김천 출장마사지 Borgata Hotel Casino & Spa in Atlantic 계룡 출장샵 City and superb hotel 남원 출장샵 deals from Mapyro of Atlantic City. Book 진주 출장안마 today!